Tugas Softskill “BreadTalk”
Nama
Kelompok :
Ø Juliani tri utari (23210804)
Ø Riesca Amanda (25210927)
1. Sejarah
Bread Talk
BreadTalk didirikan pada tahun 6 Maret 2003
oleh George
Quek, seorang wirausahawan yang sebelumnya memulai jaringan food
court yang sukses di Singapura, Food Junction. Konsepnya
berbeda dibandingkan dengan toko-toko roti lainnya pada umumnya, dengan
memperhatikan penampilan toko yang dirancang agar terlihat eksklusif serta
memperlihatkan dapur pembuatan roti kepada para pengunjungnya melalui kaca
transparan. Berkat strategi pemasaran pelanggan (consumer marketing)
yang baik, saat pertama kali dibuka, toko-toko BreadTalk seringkali dipenuhi
pengunjung yang rela antri untuk mencoba produknya.
Di Indonesia merupakan premium
bakery boutique pertama yang menghadirkan konsep dapur terbuka dengan gaya
modern. Konsep ini memungkinkan BreadTalk untuk membuat roti langsung di tempat
sehingga proses pembuatannya dapat dilihat secara langsung oleh para pelanggan
dan roti yang diterima akan selalu dalam keadaan fresh.
Dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi, kelembutan roti
BreadTalk tak diragukan lagi. Dalam soal cita rasa, BreadTalk terus berinovasi.
Sampai saat ini BreadTalk berhasil menciptakan lebih dari 160 varian produk
yang menawarkan gaya hidup baru dalam menyantap roti.
Pada tahun 2004, BreadTalk
(Indonesia) berhasil meraih Best Seller Product versi majalah Marketing untuk
product signaturenya, yaitu C’s Flosss dan Fire Flosss yang per harinya terjual
sekitar 20.000 buah. Di negara asalnya, Singapura, BreadTalk juga mendapatkan
penghargaan sebagai Singapore Promising Brand Award, Most Popular Brand 2002,
Singapore Promising Brand Award, Most Distinctive Brand 2003-2004 versi
Association of Small and Medium Enterprise (ASME).
Hadir di Indonesia pertama kali pada
tanggal 28 Maret 2003 dengan membuka gerai pertamanya di Mal Kelapa Gading 3.
Saat ini BreadTalk memiliki 55 outlet yang terdapat di Jakarta, Bandung,
Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Pekanbaru, Jogja, Solo, Palembang, Batam dan
Medan. Dalam waktu dekat, BreadTalk juga akan menyapa penggemarnya di Paragon
dan Taman Mini (Jakarta). BreadTalk juga telah mendapatkan sertifikat halal
dari MUI per tanggal 23 September 2005.
BreadTalk di Indonesia dikelola oleh
Johnny Andrean. Kini sudah terdapat di beberapa kota di Indonesia diantaranya: Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali,
Makassar, Manado, Pekanbaru, Yogyakarta, Magelang, Solo,
Palembang, Batam,
Samarinda, Balikpapan dan Medan
dengan puluhan outlet.
BreadTalk
meluncurkan menu baru. Ada dua menu utama-unggulan yaitu champignon pizza dan
hidden burger, serta tiga menu pendukung yaitu e-clair, spicy herbs, dan mount
fuji. Champignon pizza berbahan dasar crispy danish dan toping jamur
champignon. Di atas bagian atas roti ada siraman saos tomat dan bumbu. Pizza
ini tidak menggandung daging, jadi cocok untuk Anda yang diet daging.
Boutique bakery pertama di
Indonesia, yang terkenal dengan konsep open kitchennya dan kelembutan roti yang
selalu fresh, tak pernah berhenti terus berinovasi dalam menciptakan produk
roti, cake, dan pastry handal yang selalu menjadi favorit bagi para
penggemarnya.
2. Strategi
Pemasaran
Marketing Mix 4P :
·
Promosi
Pada bagian
promosi penjualan ini pihak BreadTalk sendiri menggunakan berbagai cara seperti
iklan dengan cara membuat web, pramuniaga yang menggunakan seragam yang
mencirikan roti lezat ini. Terdapat juga promo (kerja sama dengan kartu kredit
HSBC). Untuk varian baru ada promo beli 1 dapat 2. Varian baru biasanya
dipajang dekat kasir. Minim promosi dan tidak terlalu gencar berpromosi
(dipilih mall yang selalu ramai pengunjung saja). Dibantu dengan 1 atau 2
X-Banner.
·
Product
Product di
BreadTalk ini hanya menjual roti tetapi rotinya banyak macamnya. Mulai dari
soft bread atau roti yang manis-manis, hard bread atau roti keras yang tidak
berasa, kue ulang tahun, cookies, package, dan masih banyak lagi. Aroma khas
sengaja di sebar dengan cara membiarkan sebagian alat bakery dibuka agar aroma
tersebut dapat tercium oleh pengunjung mall. Rasa enak bersumber dari chef yang
ditraining khusus. Nama unik, bahkan begitu pentingnya hingga BreadTalk secara
khusus memiliki beberapa specialist yang bertanggung jawab dalam hal penamaan
produk. Semua item dibuat di tempat (fress). Apabila ada sisa produk biasa
dibuang atau dimakan pegawai (ditempat). Varian yang tidak laku dihilangkan
secara berkala.
·
Price
Harga dari
produk ini beragam tergantung rasa, ukuran, dan bahan-bahannya. Pembayarannya pun
cukup mudah, bayar cash ditempat. Harga juga tidak berubah menjelang tutup took.
Tidak menyediakan pembelian paket. Terdapat menu harga.
·
Place
Outlet-outlet breadtalk sudah cukup banyak
tersedia terutama di mall-mall besar di seluruh indonesia. See-thru
Kitchen (dapur tembus pandang ) menguatkan kehigienisan produk dan proses
pembuatannya. Sengaja hanya menggunakan 1-2 kasir saja, sehingga menciptakan
antrian panjang yang membuat pengunjung mall penasaran dan pada akhirnya ikut
mencobanya. Tempat di setting melingkar agar semua produk bias terlihat
customer. Tidak ada tempat untuk makan ditempat(café). Tempat selalu strategis.
Dan yang harus diingat tidak ada outlet lain selain dimall okey.
3.
Analisis SWOT BreadTalk
a.
Strengths
o
Kreatif
& inovatif
o
konsep open kitchen
o
rasa roti, bentuk roti, tekstur roti dan variasi rasa roti
o
kehandalan
dan kualitas hasil.
o
Gerainya yang indah dan nyaman
o
Aroma roti yang menggiurkan
o
Cara packingnya memberikan kesan yang
menarik
o
Produknya yang fresh dan terasa enak
di lidah
o
Brand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang
modern
o
Sifat produk yang konstan
o
Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan banyak Negara
didunia
o
Selalu mengikuti moment special dan menciptakan vaeian baru
dimomen tersebut
b. Weaknesses
§ Harga lebih mahal dari produk roti
lainnya
§ Tidak ramah lingkungan
c. Opportunities
Ø Membuat outlet selain di mall
Ø Memberikan outlet seperti café
sehingga pengunjung bias menikmati produk kami secara langsung dan masih fress
d. Threats
ü Produk/merk replikasi konsep
ü Pesaing J.C.O, Holland bakery, dunkin donuts,
breadlife, dsb
4. Jenis
perusahaan
BreadTalk merupakan perusahaan
franchise
Tidak ada komentar:
Posting Komentar